Monday, March 7, 2016

Menyikapi Pujian & Celaan

Jika ada yang membicarakan kebaikan kita sebagai jamaah dakwah atau kebaikan pribadi kita sebagai seorang da'i, maka bermohonlah kepada Allah agar kita menjadi apa yang mereka katakan itu. dan jika mereka mengatakan suatu keburukan tentang kita, maka berlindunglah kepada Allah dari keburukan tersebut. ikhwah, sesungguhnya pujian yang mereka sampaikan itu bukan karena kita laik dipuji atas apa yang telah kita lakukan, melainkan karena mereka memang belum mengetahui siapa kita sebenarnya, mereka memuji yang sebenarnya apa yang disembunyikan oleh Allah SWT. tentang aib kita yang sebenarnya. Allah masih menutupi aib kita dihadapan makhlak-Nya. oleh karenanya, jika dipuji maka seorang muslim hendakya mengucapkan hamdalah, Al-hamdulillahi rabbil'alamin. kalimat ini adalah sebuah kalimat yang sebenarnya bentuk refleksi dari sebuah kesadaran bahwa pujian itu tidak laik bagi kita, kesadaran bahwa dirinya terlalu jauh dari pujian tersebut. namun pada kenyataannya ada saja orang yang jika dipuji ia mengucapkan kalimat tersebut, namun pada saat yang bersamaan merasa memiliki pujian itu.

Ikhwah fillah, betapa pujian dan sanjungan ini sering kali membawa kita pada kehinaan, oleh karenanya bagi seorang da'i hendalaklah menjadikan pujian dan celaan itu sama.sebab puncak keikhlasan itu adalah merasa sama ketika ia dipuji atau pun dihina. ia tidak bangga dengan sebuah pujian, dan tidak merasa hina dengan celaan orang.

Ikhwah fillah bekerjalah, biarkan Allah, rasul-Nya dan orang-orang beriman yang menilai kerjamu. 
“Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (At-Taubah [9]: 105)

Yakinlah bahwa tiada yang sia-sia atas apa yang antum lakukan hari ini. Allah pasti akan membalasnya dengan sebaik-baki balasan.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment