Monday, January 16, 2017

Silaturahmi Ipmb dan KPA TOROTAKON BUYAT



Senin 16 Januari 2017 Pkl 18.015 WITA, Sofyan Atsauri Modeong (Ketua MS Ipm Boltim) bersama Fikriansyah Modeong mantan Sekum Ipm Boltim bersilaturahmi ke sekretariat Komunitas Pencinta Alam Torotakon. Kunjungan ini di sambut dengan penuh kehangatan oleh Wahyudi D'abduR'days selaku Sekretaris KPA TOROTAKON BUYAT. Perbincangan yang penuh dengan suasana kekeluargaan tergambar dengan minum kopi bersama.

Inti kunjungan ketua MS Ipm-Boltim adalah dalam rangkah Tabayun (konfirmasi dan klarifkasi) isu yang berkembang bahwa Ipm Boltim menuduh KPA Torotakon buyat  sama dengan teroris yang berunjung kepada bom status kepada kader Ipm-Boltim, dan sekaligus mengkonformasi soal isu oknum KPA Torotakon Buyat  yang mengatakan Ipm Boltim titisan Isis. perbincangan penuh dengan nasehat dan saling mengingatkan ini berjalan singkat namun membawa arti dan hikmah yang besar. 


Usai solat isya Ipm Boltim pkl 20.00 Wita langsung gelar Rapat terbatas untuk mengambil langkah strategis agar terbangun rekonsiliasi kedua bela pihak. di depan para kader dan pengurus Ipm Boltim Ketua MS menyampaikan, " Kader harus bisa tahan jempol! pertemuan dengan Wahyudi D'abduR'days telah menghasilkan beberapa kesimpulan. yaitu mengecek sumber informasi tak jelas itu. Jadi semua harus bersabar menunggu hasil investigasi masing-masing. Agar terungkap siapa saja yang menyampaikan isu tak sedap ini". Semua kader mendengar dan menaati instruksi tersebut. Namun Ipmb memutuskan untuk menggunakan jalur hukum dan meloporkan Akun facebook yang bernama Raditya Andianto yang disinyalir ikut memanaskan situasi (menjadi provokator) yang berunjung sejumlah pengurus KPA Torotakon Buyat menyerang Ipmb di Medsos karena menyangka pemilik akun facebook tersebut adalah Pengurus Ipmb. Ipmb merasa dirugikan oleh karenanya Ipmb sore ini selasa, 17 Januari 2017 berencana akan melaporkan pemilik Akun tersebut secara resmi ke Polsek Urban Kotabunan.

tak selang beberapa jam kemudian kunjungan Ketua MS Ipmb dan Mantan Sekum Ipmb ini dibalas oleh sejumlah pengurus KPA Torotakaon Buyat  ke Markaz Dakwah Ipmb pada pukul 22.20. WITA. Nampak  hadir dalam kunjungan itu dari pihak KPA, Wahyudi D'abduR'days, Titis Tungkagi, Riski Modeong, Dafri Gobel, Meldi, Sadam,  Ayubi Unonongo, Milka Modeong. Sedang dari pihak Pengurus Ipmb yang menjemput kunjungan pengurus KPA diwakili ketua MS, Sofyan Atsauri, Kabid BKO Mohammad Setiawan Modeong, fikriansyah Modeong, dan Fahri Imban. Lewat Grup WA ketua MS menyampaikan kepada ketua Umum Nurlatifa Latodjo atas kedatangan Pengurus KPA Torotakon Buyat tersebut namun karena sudah larut malam dan baru selesai rapat akhirnya ketua dan pengurus Ipmb yang lain tidak bias hadir.

Silaturahmi kedua ormas ini akhirnya membawa keberkahan dimasing-masing pihak. Kesalah fahaman yang terjadi akhirnya terungkap sumbernya. Menurut Wahyudi D'abduR'days dalam pertemuan itu, adalah persepsi sejumlah oknum pengurus KPA Torotakon Buyat  terhadap komentar ketua MS Ipmb pada statusnya per-tanggal 1 januari Pukul 08.40 berbunyi (https://www.facebook.com/sofyan.madeong) “Para Mujahidah IPMB lagi berbaris.” Sambil memposting Kader Akwat IPMB yang lagi berbaris kemudian di kolom komentarnya ada akun yang bernama Marchel Acel Mandagi    yang memberi mutikon. Lalu direspon oleh Ketua MS: Sofyan Atsauri Modeong “Santai saja MarchelAcel Mandagi sekalipun kantong mereka tipis mereka bukan teroris”. Rupanya komentar ini yang di persepsi seolah bahwa Ketua MS mengatakan KPA Torotakon Buyat  sama dengan teroris oleh beberapa oknum anggota KPA Torotakon Buyat yang sampai saat ini tidak diketahui. Lalu kemudian info itu tersebar.

"Semuanya hanyalah persepsi yang tak sempat di konfirmasi oleh para elit KPA Torotakon Buyat  dan terlanjur menjadi trending topik di buyat." Kata Mohammad Setiawan.

“Saya dan pengurus KPA Torotakon Buyat  meminta maaf kepada Ustadz dan pengurus Ipmb apa bila ada status dan komentar anggota KPA Torotakon Buyat  yang dirasa mengganggu, begitulah beda kepala.... beda cara berfikir”. Kata Wahyudi di markaz Ipmb. Permohonan maaf pun diterima oleh Ketua  MS dan seluruh  kader Ipmb.  Alhamdulillah semua telah membaik, kita hanya salah faham saja, dan ini wajar terjadi bagi kita selaku makhluk social. Kata sofyan saat di temui oleh kontributor di markaz dakwah. Ipmb dan KPA Torotakon Buyat kedepannya dapat bekerja sama dalam rangka membangun generasi buyat khususnya menjadi generasi yang cerdas dan kuat. 

Pertemuan pun menghasilkan kesimpulan, kedepan jika terjadi kejadian yang sama maka kedua bela pihak harus saling berkomunikasi sebagai langkah awal untuk memfilter persoalan dan isu tak sedap. Semua harus mengambil hikmah dari persoalan ini. “Allah punya cara buat kita dewasa dalam menghadapi segala persoalan   sehingga Allah beri kita masalah untuk mendewasakan kita. Pesan ketua MS kepada para kader Ipmb”. *SBL.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment