Thursday, November 15, 2018

Sosok pemimpin yang selalu semangat

Semilir angin berhembus perlahan diantara dedaunan yang berjatuhan dan ranting - ranting kecil pun ikut terbawa, bertebrangan hingga jauh tersangkut diantara semak semak. Masih membuatku menatap kembali pohon itu, berdiri kokoh walau angin besar datang meniupnya, sekali pun ada beberapa ranting yang patah karena tak kuat menahan angin yg semakin berhembus kencang. Aku tak sempat fikir walau pohon itu tumbuh di antara bukit - bukit kecil yang disekitarnya terdapat padang rumput, dan tak ada satu pun pohon - pohon yang lainnya, namun begitu kokoh pohon itu menahan badai yang selalu hadir di setiap malamnya. Allah sudah takdirkan ia berdiri tegak selama ia masih bisa bertahan diantara badai yang besar.

Aku merunduk kadang merengek dan tangis pun pecah, kembali ku menatapnya dihadapanku dan diantara teman teman yang lainnya, hanya beberapa saja yang bisa bertahan hingga sampai detik ini, ia membimbing dan mengarahkan kami, semangatnya luar biasa, kadang ia harus mengorbankan waktu istirahatnya hingga waktu berkumpul bersama keluarganya, Demi amanahnya di Organisasi.

Tak kenal waktu, pagi sampai malam tiba ia masih tetap berjuang dengan motor merahnya pemberian sang ayah, karena Da'wah sudah menyatu dengan jiwanya. Ia selalu tersenyum walau begitu banyak masalah yang hadir dalam hidupnya.

Waktu terus berganti..
banyak yang beguguran dalam medan Da'wah tetapi tidak mematahkan semangatnya, ia terus berjalan memaksakan diri, walau harus merangkak.. Tidak masalah baginya karena Da'wah adalah tujuannya untuk  membawa jama'ah ini sampai ke Jannah-Nya Allah. Perjuangan yang tak kenal lelah, sampai satu waktu aku pernah bertanya kepadanya, "Ketua apa yang harus kita lakukan? banyak yang mulai menjauh." Ia tersenyum dan berkata "Tidak masalah karena masih ada Allah yang selalu bersama dengan jama'ah ini." jawaban yang sangat sederhana namun membuatku lebih semangat dari sebelumnya.
Banyak yang kupelajari dari sosok ketua saat ini, salah satunya adalah semangat beliau yang luar biasa itu. Lalu apa yang membuatnya komitmen sampai saat ini?  Jawabannya satu, yaitu "Tarbyah" Imannya kokoh, karena Tarbyah setiap pekan selalu membasuh hatinya. Setiap kali ada yang salah dari sikapnya,  tak henti - hentinya ia menuturkan kalimat Allah. beristigfar dan bermuhasabah diri akan kesalahan yang ia buat. Banyak yang membuatnya kecewa, tetapi tak pernah ia membenci orang yang telah membuatnya kecewa, teringat dengan satu kalimat bijak "jika ada yang melempar kita dengan sebuah batu balaslah dengan melemparnya dengan setangkai bunga." begitu indah perangai yang ia tuturkan setiap saat.

Da'wah ibaratkan pohon yang tadi, Ia berdiri tegak tidak ada yang bisa merobohkannya, sekali pun itu masalah yang begitu besar dan akan ada ranting besar lurus nan menjulang yang menyeimbangkan antara ranting - ranting yang lainnya ketika badai menerpa sang pohon, ia ibaratkan sosok pemimpin dalam jama'ah. Pasti ada yang harus dibawa angin terbang jauh hingga hilang jejak. Tapi tak masalah, karena masih ada yang siap menggantikan, siap bertahan kembali di antara badai besar. Tekad dan Niat mereka karena Allah. Semakin besar harapan mereka kepada Allah. Maka keyakinan atas firman Allah dalam Qur'an surah Muhammad ayat 7:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِنْ تَـنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ
"Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."
Hingga masalah sebesar apa pun, mereka tetap yakin Allah pasti menolong mereka.

Jazakallahu khairan buat ketua umum Ip2m akhi Bobi prabowo Mokodompit sudah bisa menjadi pemimpin yang patut dicontoh akan semangatmu yang luar biasa.

Semoga Allah selalu kumpulkan hati hati kita dalam jama'ah ini. Dan Rahmat Allah akan selalu menyertai kita hingga akhir perjuangan ini, sampai Allah berbisik manis "Saatnya pulang, beristirahatlah wahai hambaku."
Ketua Umum IP2M




Tulisan : Fikriansyah Modeong 
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment