Friday, June 21, 2019

Berjamaah Itu Belajar Menekan Ego


Berjamaah itu belajar menekan ego kita. Bukan mempertontonkan egoisme diri. Berjamaah itu belajar memahami dan melaksanakan keputusan bersama. Bukan Kehendak pribadi.

Berjamaah itu belajar taat kepada aturan dan pimpinan, bukan menjadi pembangkang. Sebab tidak ada berjamaah kecuali ada ketaatan di dalamnya.

Disini antum di latih menjadi insan yang patuh dan taat kepada Allah, Rasul, dan kepada pimpinan selama pimpinan memerintah antum pada kebaikan agama. Itu ajaran prinsip agama. Kalau nanti antum di nasehati, itu sebab yang menasehati mencintai antum; ia ingin antum mendapat kebaikan di hadapan Allah.
akhi, jangan berkompromi dengan noda dan dosa. Sebab setitik dosa akan menjadi penyesalan yang dalam di akhirat nanti.

Jangan suka menuruti nafsuh dan syahwat. Sebab itu jalan kebinasaan. Pelaku dosa tidak akan pernah bahagia selama iman dan dosa menyatu dalam hati. Keduanya akan bertarung dan saling mengalahkan.

Iman kadang menang dan dosa terkalahkan dengan pertaubatan. Kadang juga dosa yang menang dan iman terkapar.

Pelaku dosa baru sadar ketika ia dapati dirinya penuh lumpur kehinaan. Kadang kesadaran itu membawa pada taubat namun terlanjur bernoda. Ada juga kesadaran dan penyesalan itu justru membawa pada keputusasaan. Akhirnya ia semakin terjaukan dari kebaikan agama.
Endingnya tak pernah kita tau. Akankah antum bertobat atau putus asa. Atau malah dosa itu yang membuat antum su'ul khotimah/ mati membawa noda dan dosa.
Orang beriman itu segera bertaubat ketika ia dapati dirinya berbuat dosa. Sedang orang munafik akan beralasan dengan berbagai macam alasannya untuk membenarkan apa yang ia perbuat.😇
Semoga kita tergolong orang-orang yang bertaqwa.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment