Tuesday, June 18, 2019

Mengabaikan Kebaikan adalah Sifat Kemunafikan



Bay: Sofyan Atsauri Modeong.

Mengabaikan kebaikan (ajakan ketaatan) dan mementingkan urusan dunia (syahwat dan semisalnya) adalah bagian dari sifat kemunafikan. Nifaq adalah menampakkan kebaikan dan menyembunyikan keburukan. Nifaq ada beberapa macam, salah satunya adalah nifaq atau munafik amali. Ibnu Katsir menyebukat, "Orang munafik selalu bertentangan antara ucapan dan perbuatannya, antara yang tersembunyi dan nyata, serta antara Zahir dan batin". Salah satu kerugian orang munafik disebutkan dalam tafsir ibu Katsir adalah pengakuan keimanan mereka di sanggah oleh Allah. 

Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata: "Kami mengakui, bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah". Dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta. SQ. Al-Muanafiqun:1


Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian," pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. Al-Baqarah:8.

Orang munafik juga selalu dalam terombang ambing dalam kesesatan. Hari-hari mereka selalu penuh dengan keraguan. Kebiasaan orang munafik selalu beralasan dan berdalih ketikan diberi peringatan. Ketikan di nasehati, "jangan itu dosa dan terlarang", Jawanya, " tidak! Justru ini baik, tujuan kami baik, niat kami baik" padahal jelas telah bertentangan dengan syariah. Tapi memang hatinya sudah terkunci, matanya buta, telinganya tuli, mulutnya bisu dari kebaikan. Mau di apa lagi. Sedangkan orang-orang yang menasehati mereka di anggap tidak faham apa yang mereka "rasakan", di anggap tidak pekah dan tidak mengerti! Ibnu Katsir mengomentari surat Al-Baqarah ayat 16 dengan mengutip perkataan Qatadah, yang menyebutkan mereka lebih menyukai kesesatan dari pada petunjuk. Ibnu Mas'ud mengatakan, mereka mengambil kesesatan dan meninggalkan petunjuk.

Sahabat seperjuangan, jangan pernah abaikan Ajakan kebaikan. Jangan suka kembali pada dosa yang sama. Jangan marah kepada orang yang menasehati mu. Jangan Abaikan nasehat untukmu. Agar kita tidak termasuk golongan munafiqin yang tempat kembalinya di kerak-kerak api neraka.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment